Friday, December 3, 2010

Negeri Van Oranje

nah, ini novel yang terakhir gw baca.
Negeri Van Oranje
apa jadinya jika lima mahasiswa Indonesia di negeri Belanda terlibat dalam roman dan petualangan kocak?
novel yang cukup beda buat gw dari novel novel yang gw baca sebelumnya. ini novel bukan cuma sekedar fiksi, tapi juga memberikan informasi tentang apa saja yang ada di Belanda. dari mulai tempat tempat yang harus dikunjungi di Belanda, sampai bagaimana mahasiswa luar negeri ngurus surat surat penting di Belanda. novel ini juga berhasil bikin gw pengen banget study abroad. gw pikir seru untuk kuliah di luar negeri dan bertemu dengan mahasiswa mahasiswa dengan asal yang sama, Indonesia. walaupun menurut buku ini, untuk menjadi mahasiswa di luar tidak semudah di Indonesia. harus selalu tampil pintar dimanapun.

novel ini ditulis oleh 4 penulis yang menurut riwayatnya, mereka pernah tinggal di Belanda. gaya bahasa dari novel ini cukup ringan, ya mudah dimengerti lah. walaupun kadang nyebut beberapa kata dan nama tempat cukup susah, soalnya ditulis dalam bahasa belanda. tapi tenang aja, catatan kakinya banyak, jadi gak perlu takut bingung baca novel ini. ceritanya juga lumayan kocak kok. selain negeri Belanda, di akhir novel ini juga disebutkan cerita tokoh utama jalan jalan keliling Eropa, jadi ya lumayan ada lah informasi wisata kayak Spanyol atau Austria.


Intinya, ini novel recommended lah. hmmm, kalo gw kasih nilai, ya 4 stars deh. cukup mendekati sempurna.

6 comments:

Agung Nugraha said...

lu aja blm beres bray.. haha

kibay said...

sotoy! gw udah beres. hahaha

gabriella said...

GW BAY! GW! GW!!

kibay said...

yak, jon dan gaby silakan berantem dulu, abis itu kasih tau gw siapa pemenangnya. baru gw pinjemin. hahaha
*ge bingung mau minjemin siapa dulu

albert said...

biar adil gue dulu aja

gabriella said...

sumpppaaahhh guwwwweeee.. gw udah sampe halaman 166 beaaayy.. okedeh.. jon boleh.. albert boleh.. tapi hari KAMIS itu novel di tangal GUE yaah! hehehehehe..