Monday, December 13, 2010

Status istimewa Yogyakarta (Berita)

nah, jadi akhir akhir ini gw lagi sering dan suka nonton berita. ada beberapa berita yang menarik buat gw. dan salah satunya adalah berita ini. tentang status istimewa provinsi Yogyakarta.
sebenernya gw gak terlalu ngerti tentang masalahnya, yang gw tangkep adalah, masyarakat Jogja gak setuju dengan rencana pemerintah pusat untuk mencabut status keistimewaan Yogyakarta. gimana bisa dicabut? nah, dicabutnya itu berarti, Jogja yang selama ini dipimpin oleh sultan, presiden ingin Jogja tidak dipimpin oleh sultan lagi, tetapi gubernur yang dipilih oleh rakyatnya sendiri. bukan seperti selama ini, sultan yang memang jabatannya turun temurun dari keraton.
yang lebih aneh lagi, menurut gw ini adalah urusan pemerintah dan rakyat Yogyakarta. tapi kenapa ini malah seperti dijadikan senjata buat satu partai politik (yang jelas bukan partainya presiden sekarang) untuk seperti mengambil hati rakyat dengan ikutan berdemo menuntut status keistimewaan Jogja. ah, itu aneh banget lho. bukannya prasangka buruk sih, tapi menurut gw, itu partai politik kayak manfaatin keadaan.
yah, cukup pelik lah nih masalah. tapi menurut gw, yaudahlahya, emang Jogja kan udah istimewa juga. biar aja, keraton kan juga emang udah ada dari dulu. toh rakyat Jogjanya juga seneng dipimpin sama sultan, kenapa harus diganti ganti lagi. lagian kan belom tentu juga kalo Jogja dipimpin gubernur yang dipilih melalui pilkada, akan lebih baik dari Jogja yang sekarang.

5 comments:

Agung Nugraha said...

yah namanya juga politik bay,lu bakal ngerti klo udh denger iwan fals asik ga asik. haha. Tp gw gak mengeneralisasi loh. haha

kibay said...

that's it jon. gw selalu gak bisa ngerti apa itu politik sebenernya. yang gw liat. polotik cuma ajang seseorang (atau partai) untuk mendapatkan tempat/jabatan di pemerintah doang. apapun caranya.

gabriella said...

tunggu pendapat dari mas albert aah.. *penduduk aseli spesial pake telor

albert said...

Pinuturanipun Sri Sultan meniko tansah dados wejangan kula lan tiyang yoja sedoyo. tekan donya akherat kula manut Sri Sultan supoyo Ngayogyakarta Hadiningrat tansah makmur sentosa lan loh jinawi.

kibay said...

nyeeeeeeeeeehhh. lo ngomong apa bet? gak ada di google translate nih. gak bisa ngartiin. haha